Selasa, 16 Agustus 2011

Google Panda Update Dan Algoritma Baru

Sejak bulan lalu, Google melakukan update untuk algoritma mereka, update ini dikenal dengan sebutan 'Panda'.
Berdasarkan informasi yang saya dapat,  update ini adalah peluncuran pertama di Amerika Serikat saja, di mana beberapa situs terkena imbasnya. Menurut survei terhadap beberapa SEO di AS, sekitar 40% menyatakan situs mereka memiliki perubahan dramatis dalam hal jumlah kunjungan setiap harinya setelah update. Google juga menegaskan bahwa sekitar 12% dari hasil pencarian, telah dimodifikasi oleh update 'Panda'.
Google mengumumkan bahwa algoritma akan mulai dilaksanakan secara global di negara-negara berbahasa Inggris. 

Sekilas mengenai Google Panda Update?
Update pertama adalah untuk memberikan hasil kualitas yang lebih tinggi kepada para pengguna. Menurut Google, update dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi hasil pencarian situs berkualitas rendah, situs yang tidak bermanfaat bagi pengguna dan konten hasil jiplakan atau salinan dari situs atau blog lain.
Update ini berpengaruh terhadap situs–situs popular yang mempunyai beberapa halaman dengan konten hasil dari salinan website lain, atau bias dikatakan, konten asli lebih kecil di halaman mereka.
Beberapa contoh situs yang berada di AS, yang terkena dampak dari update tersebut:
shopping.com
suite101.com
hubpages.com
ezinearticles.com
Bagaimana agar kita tidak terpengaruh dengan update tersebut?

Berikut adalah beberapa tips agar tidak terpengaruh oleh Google Panda Update:
Jangan menyalin total konten dari situs lain. 
Waspadai iklan: Biasanya website yang memiliki banyak iklan pada halaman dengan konten sedikit, dapat dianggap oleh Google sebagai situs berkualitas rendah.
Fokus pada isi atau konten yang unik dan berkualitas. 
Meningkatkan interaksi dengan blog lain, seperti komentar.
Sampai saat ini, saya masih mempelajari google panda update dan algoritma baru tersebut. Dan masih bereksperimen dalam rangka memahaminya. Semoga bermanfaat . Salam blogger Indonesia.